LANDASAN INTEGRASI INTERKONEKSI




1. Landasan Normatif - Teologis


Cara memahami sesuatu dengan menggunakan ajaran yang diyakini berasal dari Tuhan. Kebenaran Normatif-Teologis bersifat mutlak.
Dalam Al-Quran dan As-Sunnah tidak membedakan antara ilmu-ilmu agama (islam) dan  ilmu-ilmu umum (sains-teknologi dan sosial-humaniora).


Mutlak disini dibagi menjadi 2 hal, yaitu berdasarkan teks serta tujuan teks dan berdasarkan tujuan teks saja. Maksud berdasarkan teks dan tujuan teks ialah, suatu organisasi atau kelompok menggunakan landasan pokok berdasarkan teks dan tujuan teks untuk memutuskan suatu fatwa, sedangkan yang berdasarkan tujuan teks saja adalah memutuskan suatu fatwa tertentu dilihat dari tujuan yang menguntungkan masyarakat. Contoh organisasi keislaman yang menggunakan landasan berdasarkan teks dan tujuan teks adalah Muhammadiyah, PERSIS, Tarbiyah, MTA. Sedangkan contoh organisasi keislaman yang menggunakan landasan berdasarkan tujuan teks saja adalah NU.
Dalil Landasan Normatif-Teologis : QS Al-Qashash : 77

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ ۖ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا ۖ وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

Artinya : "Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan".

Dalam Al-Quran terdapat metode pengembangan ilmu-ilmu umum terdapat dalam Q.S Al-Baqarah : 31


وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Artinya : Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

dan Q.S Al-Maidah : 31


فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي الْأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِي سَوْءَةَ أَخِيهِ ۚ قَالَ يَا وَيْلَتَا أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُونَ مِثْلَ هَٰذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْءَةَ أَخِي ۖ فَأَصْبَحَ مِنَ النَّادِمِي

Artinya : Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.

Perintah untuk meneliti terdapat dalam Q.S. Yunus :101


قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَنْ قَوْمٍ لَا يُؤْمِنُونَ

Artinya : Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".

dan Q.S. Al-Ghaasyiyah: 17-20


أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ

Artinya : Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,

وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ

Artinya : Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?

وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ

Artinya : Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?

وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

Artinya : Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

2. Landasan Fisiologis

Merumuskan keterpaduan dan keterkaitan antar disiplin ilmu sebagai jembatan untuk memahami kompleksitas hidup manusia, demi meningkatkan kualitas hidup, baik dalam aspek material, moral maupun spiritual.

3. Landasan Kultural

Kesenjangan antara budaya local Indonesia dan budaya global agama dan ilmu pengetahuan. Dalam landasan kultural (budaya) dalam hal ini pendidikan tidak boleh mengabaikan budaya (potensi) lokal. Jika budaya (potensi) lokal tidak dijadikan basis pengembangan keilmuan maka akan berdampak pada terjadinya proses elitisme ilmu sehingga ilmu kurang berfungsi dalam kehidupan. 

4. Landasan Sosiologis

Berbagai macam ragam suku bangsa, budaya dan agama sering kali melahirkan berbagai konflik yang mengancam integrasi bangsa. Dengan adanya landasan sosiologis Integrasi-Interkoneksi dimaksudkan akan merubah penilaian sebagian masyarakat yang awalnya beranggapan bahwa sebagian lulusan IAIN Sunan Kalijaga kurang mampu menyelesaikan masalah masyarakat kini diharapkan penilaian tersebut berubah menjadi lulusan UIN Sunan Kalijaga mampu menyelesaikan masalah masyarakat.

5. Landasan Psikologis

Dengan landasan Psikologis dimaksudkan akan merubah paradigma pembacaan secara parsial yang berdampak pada perpecahan kepribadian menjadi pembacaan secara terpadu dan menyeluruh yang akan berdampak pada memperkuat kepribadian.
Manusia dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain yang harus saling mengaitkan iman dengan keyakinan, ilmu berkaitan dengan kognisi dan pengetahuan, dan amal berkaitan dengaa praksis dan realitasa keseharian.

6. Landasan Historis

Berbagai masalah saat ini adalah ilmu-ilmu umum berkembang pesat tetapi ilmu-ilmu agama dan etika kemanusiaan dikesampingkan, sehingga tidak menghasilkan manusia bermoral walaupun intellegensinya tinggi.



Landasan inilah yang tidak ada pada Landasan Integrasi-Interkoneksi UIN Sunan Kalijaga yang mencetuskan landasan ini adalah UIN Jakarta. Landasan Historis Integrasi-Interkoneksi yang dimaksud adalah dengan tidak melupakan history antara Islam dengan Pengetahuan maka hubungan antara ilmu agama dan ilmu umum akan jauh lebih kompak yang akan berdampak pada kesejahteraan umat dan alam akan menjadi lestari.






Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • I.S.I.C. SUKA-KU © 2012 | Designed by Fandy Zelbestzer Aegelweard, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes